A. METODE SERVQUAL
Menurut Muji Gunarto(2009) Metode ini
dikembangkan oleh Zeithaml (1990) menggunakan pendekatan user-based approach,
yang mengukur kualitas jasa secara kuantitatif dalam bentuk kuisioner dan
mengandung dimensi – dimensi kualitas jasa yaitu:
1.
Bukti fisik (tangibles), berkenaan
dengan daya tarik fasilitas fisik, perlengkapan dan material yang digunakan
instansi, serta penampilan karyawan.
2.
Reliabilitas (reliability), berkaitan
dengan kemampuan instansi untuk memberikan layanan yang akurat sejak pertama
kali tanpa membuat kesalahan apapun dan menyampaikan jasanya sesuai dengan
waktu yang disepakati
3.
Daya tanggap (responssiveness),
berkenaan dengan kesediaan dan kemampuan para karyawan untuk membantu konsumen
dan merespon permintaan mereka, serta menginformasikan kapan jasa akan
diberikan dan kemudian memberikan jasa secara cepat.
4.
Jaminan (assurance), yakni perilaku para
karyawan mampu menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap instansi dan instansi
bisa menciptakan rasa aman bagi para konsumennya. Jaminan juga berarti bahwa
para karyawan selalu bersikap sopan dan menguasai pengetahuan dan keterampitan
yang dibutuhkan untuk menangani setiap pertanyaan atau masalah konsumen.
5.
Empati (empathy), instansi memahami
masalah konsumennya dan bertindak demi kepentingan konsumen, serta memberikan
perhatian personal kepada konsumen dan memiliki jam operasi yang
nyaman. Dimensi ini merupakan gabungan dari dimensi - dimensi:
a.
Accessmenunjukan kemudahan dari penyedia jasa untuk
dihubungi.
b.
Communicationmenunjukan penyedia jasa yang selalu
mengkomunikasikan kepada pelanggan agar pelanggan memahami pelayanannya dengan
baik.
c.
Understanding the Customermenunjukan penyedia jasa berusaha
untuk mengetahui pelanggan dan kebutuhannya.
Metode ini secara garis besar
terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
1.
Bagian ekspektasi, yang memuat
pertanyaan – pertanyaan untuk mengetahui dengan
pasti ekspektasi atau harapan
umum dari konsumen terhadap sebuah jasa
2.
Bagian persepsi, yang memuat pertanyaan
– pertanyaan untuk mengukur persepsi konsumen tentang pelayanan jasa yang
diberikan oleh suatu perusahaan dengan kategori tertentu.
Tanggapan konsumen dinyatakan dengan
skala Linkert, untuk selanjutnya konsumen diharapkan memberikan bobot
kepentingan dari masing – masing dimensi yang ada.
Perhitungan nilai Servqual adalah sebagai berikut:
Servqual
score weighted for importance = (Percepstion score – Expectation score) x Imporatant score
Tidak ada komentar:
Posting Komentar